Monday, August 02, 2010

Mereka Sebut itu “Sibuk”

Masalahnya bukan sesibuk apa kamu, tapi mengapa kamu sibuk. Lebah dipuji-puji karena sibuk, tapi nyamuk dibasmi” (04/07/2010)
Itu isi SMS yang kudapat dari seorang temanku berinisial AIA (perlu ya kasih inisial? Hehe)..
Bagus banget ya kata-katanya.. top deh.. iya ngga?
Prihatin memang.. kalo liat kebanyakan orang sekarang bangga dengan segala kesibukannya.. sibuk ini sibuk itu.. ke sana ke sini.. tapi ga tau tuh ngapain..
Di situ ada perumpamaan antara lebah dengan nyamuk. Ayo kita telaah bersama..

Lebah adalah hewan yang luar biasa yang saking luar biasanya, beliau (sopan banget ya? Hhe) diabadikan dalam Al-Quran menjadi sebuah nama surat. Apa aja sih luar biasanya? Wah banyak.. ga mungkin dibahas semuanya di sini.. (kalo penasaran, tanya aja ke om google ya.. :)) Intinya, lebah setiap harinya disibukkan ke sana kemari hinggap dari satu bunga ke bunga yang lain dan menghasilkan madu.. Dan kesibukannya ini jelas sangat bermanfaat bagi banyak makhluk, bukan hanya manusia yang mendapat manfaat dari madunya, tapi juga bunga yang dihinggapinya. Makanya,, lebah dipuji karena kesibukannya.
Tapi kalo nyamuk?? Hm.. siapa ya yang mau puji-puji nyamuk.. toh nyamuk tiap hari sibuk ke sana kemari hinggap di tubuh manusia yang satu ke manusia yang lain buat ngisep darah.. bikin gatel.. bentol.. bisa bawa penyakit.. atau malah bisa bikin kehabisan darah (hhe.. ngga mungkin deh kayaknya ya.. emang nyamuk ngisepnya segimana banyak.. :D). Nah makanya, karena kesibukannya, nyamuk malah dibasmi..
Nah jelaskan.. betapa bedanya kedua makhluk ini. Sama-sama sibuk tapi beda perlakuan yang diterimanya. Kenapa? (hayo kenapa…? :))
Ya betul… karena yang satu membawa maslahat, tapi yang satu lagi membawa musibah.
Nah, gimana kalo dengan kita? Sibuknya kita ke sana kemari membawa kemaslahatan atau malah kehancuran? Nasib kita lebih pas sama nasibnya lebah atau malah nyamuk?
Yuk kita tengok sebentar ke belakang.. apa aja ya yang udah kita lakuin dengan segala jadwal padat kita.. dari hari ke hari.. sudahkah membawa maslahat.. sudahkah menjadikan kebaikan untuk orang lain.. sudahkah membuat senyum di wajah banyak orang.. Atau malah segala yang telah kita lakukan membawa ketidaknyamanan di hati orang.. atau membuat cemberut wajah orang-orang..
Yuk mulai perbaiki segala kesibukan kita mulai sekarang.. Yang biasanya sibuk nonton TV,, coba diganti jadi nonton Pak Ustad (nonton ceramah maksudnya.. bukan melototin doang.. :P). Yang biasanya sibuk mejeng di Mall,, coba diganti jadi sibuk ke masjid.. Yang biasanya sibuk ngerjain cewe,, coba diganti jadi ngerjain PR :D .. Yang biasanya sibuk baca komik,, coba diganti jadi baca buku yang berbobot ilmunya.. Yang biasanya sibuk online di FB doang,, coba diganti jadi sibuk cari-cari ilmu ke mbah google atau mbah-mbah yang lain.. :D
Nah, banyak banget kan cara memproduktifkan waktu yang kita punya.. banyak banget kok pilihan kegiatan yang ada di depan mata. Tinggal pilih aja.. ^^

Sekarang,, aku mau bahas potongan SMS tadi.. tapi potongannya aja.. pas bagian ini nih..
“Masalahnya bukan sesibuk apa kamu, tapi mengapa kamu sibuk.”
Hayo.. apa yang terlintas di benak temen-temen kalo bacanya sepotong ini aja?
Kadang-kadang kita sibuk ini itu.. ibadah ini itu.. tapi ga tau kenapa harus beribadahnya..
Gini lho maksudnya,, misalnya ada seseorang.. kita sebut saja namanya Pria.. Beliau ini selalu pergi ke sana kemari setiap hari bahkan seolah-olah waktu dalam sehari masih belum cukup untuk Pria.. jelas aja.. kegiatannya seabreg.. ya itu yang mereka sebut sibuk.. setiap harinya mengisi ceramah di sana sini.. mengurusi anak-anak yatim di beberapa yayasan.. sampai-sampai itikaf di masjid di hampir setiap malamnya.
Tapi sebenernya Pak Pria ini melakukan semua itu sebagai rutinitas belaka.. dan ketika di hari akhir nanti.. Allah akan mempertanyakan semua ibadahnya.. Kenapa beliau beribadah ini itu semasa hidupnya.. apakah karena ingin menghabiskan waktu saja.. ataukah ingin agar terlihat shaleh, baik, keren.. ataukah ingin melakukan semua itu semata-mata untuk Allah..
Begitu pun kita.. semua kegiatan kita, semua kesibukan kita akan kita pertanggungjawabkan di hadapan-Nya nanti.. Tentang segala kesibukan kita.. Tentang segala tujuan kita dengan kesibukan itu.. Tentang segala alasan mengapa kita melakukan semua kesibukan itu.. semua itu akan dipertanggungjawabkan nanti.
Nah makanya.. yuk lebih selektif lagi dalam memilah-milah kegiatan.. dan yang pastinya.. luruskan niat dalam menjalaninya.. biar bernilai ibadah.. :)

Kesimpulannya adalah.. Yang menentukan derajat ke-keren-an seseorang bukan terletak pada seberapa sibuk seseorang.. tapi seberapa penting,berharga,dan bermanfaat kesibukannya.

Sibuk doang? Mana keren?!... Bawa Manfaat? Itu baru keren.. ^^

2 comments:

  1. wow. tulisannya keren, mba.. makasih ya share nya. jadi tau sibuk yang bermanfaat itu yang kayak gimana. btw, boleh tukeran link nya? makasih yaaa... ^_^

    ReplyDelete